Ide-Ide Bisnis Online Terbaik Tanpa Modal

Seiring kemajuan jaman yang semakin canggih, membuka bisnis online semakin mudah untuk dilakukan. Kehadiran internet yang mampu merobohkan batasan-batasan geografis memungkinkan Anda untuk menjaring klien / pelanggan tidak hanya dalam skala nasional, tapi juga dunia dan mengerjakannya dari mana saja. Sudah siap untuk menjadi pengusaha online? berikut adalah beberapa ide bisnis online terbaik tanpa modal yang mungkin cocok dengan passion Anda.

.: Bisnis Iklan Online Lewat Blog


Nge-blog termasuk salah satu ide bisnis online terbaik tanpa modal yang paling mudah dilakukan, karena untuk melakukannya dapat dimulai dari hobi atau minat. Apa yang perlu Anda lakukan pun terbilang sangat sederhana, cukup tulis hal-hal yang Anda sukai dan pahami dengan baik. Misalnya saja Anda tinggal di Jogja dan kebetulan pekerjaan Anda adalah seorang guide atau pemandu wisata, Anda bisa membuat sebuah blog (penyedia layanan blog gratis misalnya Blogger, Wordpress dll) berisi segala macam informasi tentang Jogja, seperti informasi lokasi penginapan murah, referensi kuliner tradisional yang maknyus, tempat wisata-wisata bersejarah dan lain-lain.

Ide dasar dari nge-Blog ini gampangnya adalah, temukan tema apa yang kira-kira banyak dicari oleh pengunjung blog, buat tulisan yang informatif dan bermanfaat, jika perlu disertai foto agar lebih menarik. Usahakan agar tulisan tersebut dapat muncul di halaman pertama hasil pencarian mesin pencari melalui kata kunci atau tema yang Anda targetkan (teknik ini dikenal dengan sebutan SEO atau Search Engine Optimization). Semakin tinggi jumah kunjungan ke dalam blog, semakin mudah blog tersebut menjaring laba dari iklan-iklan yang dipasok oleh jasa periklanan pihak ke-3.

.: Menjadi Penulis Freelance


Hampir mirip dengan nge-Blog, bedanya karya tulisan Anda tidak untuk digunakan sendiri, melainkan dijual ke pihak lain. Siapa saja yang membutuhkan jasa penulis freelance? Banyak, di antaranya blogger yang malas menulis artikelnya sendiri, perusahaan-perusahaan yang membutuhkan narasi teks untuk katalog atau materi promosinya dan lain-lain.

.: Jasa Terjemah Bahasa Asing


Idem dengan poin ke-2 sebelumnya, hanya saja tulisan yang Anda buat dalam bentuk bahasa asing atau sebaliknya, dari bahasa asing diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.

.: Menjadi Affiliate Marketing


Jika Anda termasuk orang yang suka menuliskan review atau testimoni pelanggan di situs-situs toko online, berhenti melakukannya dengan gratis. Promosi MLM alias Mulut Lewat Mulut hingga kini masih dianggap sebagai salah satu cara pemasaran yang paling efektif dan tidak sedikit perusahaan yang mau berbagi porsi keuntungannya dengan perorangan yang secara persuasif mampu mempromosikan produknya kepada publik. Terutama bagi Anda yang memiliki banyak pengunjung di website pribadi atau pengikut di social media, affiliate marketing akan menjadi jauh lebih mudah untuk dilakukan.

Banyak pegiat online yang mengamini bahwa affiliate marketing adalah salah satu ide bisnis online terbaik tanpa modal untuk mendapatkan penghasilan online secara cepat dibandingkan membuka toko online sendiri. Anda tidak harus memiliki produk sendiri untuk dijual, sebaliknya, yang perlu Anda lakukan adalah mempromosikan produk milik orang lain dan memperoleh komisi setiap kali ada penjualan yang terjadi. Modal dengkul dan bebas resiko. Keberhasilan di bisnis ini sangat bergantung pada cara penawaran produk yang Anda lakukan agar menyasar audiens yang tepat.

.: Menulis eBook


Apakah Anda memiliki cukup pengetahuan atau bahkan banyak pengalaman di bidang tertentu yang ingin dibagikan secara luas? Mungkin menulis eBook cocok untuk Anda. Semakin terjangkaunya biaya akses internet dan kian menjamurnya gadget-gadget canggih seperti smartphone dan tablet, membuat orang lebih menyukai bacaan digital yang praktis ketimbang bacaan berbentuk fisik kertas.

Selain alasan praktis, bagi para penulis yang sering mendapatkan penolakan dari penerbit, self-publication jelas merupakan solusi. Ada begitu banyak tema eBook layak jual, mulai dari cara memasak, cara menurunkan berat badan sampai bisnis kulakan properti.

.: Membuka Kursus Online


Memberikan kursus secara online cukup mudah dilakukan karena Anda tidak harus memiliki ijazah formal seperti yang disyaratkan jika Anda ingin menjadi guru atau dosen. Serupa eBook, ada banyak bidang yang dapat dibisniskan menjadi kursus online, seperti kursus yoga atau kelas kewirausahaan misalnya. Buatlah paket-paket berupa buku panduan dan video yang dapat di-download dari website, juga kursus dalam bentuk video reference.

.: Mengelola Halaman Social Media Orang Lain


Kenapa Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, Path dan kawan-kawan bisa begitu populer di Indonesia? Mungkin salah satu alasannya karena banyak orang kita yang yang hobi ngeksis. Mau makan status, lagi galau status, lagi travelling pamer status, pokoknya mau ini itu gak sreg kalau gak nyetatus dulu.

Sementara social media semakin penting kehadirannya untuk keperluan bisnis, kebanyakan perusahaan justru terlalu sibuk alias tidak punya waktu untuk mengurusi halamam social medianya secara serius. Nah di sini ide bisnis online terbaik dan tanpa modal lagi-lagi muncul.

Untuk Anda yang sudah terbiasa eksis di social media, apalagi sampai memiliki pengikut dalam jumlah puluhan ribu, bahkan ratusan ribu, berarti Anda sudah cukup memenuhi syarat untuk bermain di bisnis ini. Bantu perusahaan yang menjadi klien Anda untuk mendapatkan lebih banyak pengikut dengan cara membuat profil social media yang atraktif dan tentu status-status yang menarik.

.: Menjual Jasa Konsultan Gizi


Kepedulian masyarakat Indonesia yang kian tinggi terhadap masalah kecantikan dan kesehatan, membuat jasa konsultan gizi dapat dikategorikan sebagai salah satu ide bisnis online terbaik. Anda dapat menjual jasa konsultasi terutama kepada mereka yang ingin mengurangi berat badannya tapi tidak tahu harus memulainya dari mana.

Anda tidak harus menjadi seorang pakar gizi bersertifikat untuk menawarkan program pola makan dan konsultasi diet kepada klien. Dengan layanan konsultasi pribadi yang ramah, disertai pengetahuan nutrisi dan program latihan fisik yang tepat, Anda dapat membantu banyak orang menjadi lebih sehat sembari mendulang rupiah.

0 Response to "Ide-Ide Bisnis Online Terbaik Tanpa Modal"

Post a Comment