Apa itu Crowdfunding untuk Mencari Modal Usaha

Seringkali kendala terbesar untuk memulai sebuah bisnis atau usaha adalah modal. Tidak sedikit dari kita yang sebenarnya memiliki ide-ide brilian namun terpaksa kandas gara-gara masalah modal, bahkan tanpa pernah sempat direalisasikan sama sekali. Bagi Anda para pelaku UKM dan industri kreatif, crowdfunding ibarat angin segar karena dapat dijadikan salah satu pilihan sumber pendanaan. Apa itu crowdfunding untuk mencari modal usaha dan seperti apa cara kerjanya? Simak ulasan berikut.

.: Apa itu Crowdfunding


Sesuai namanya crowd yang berarti ramai dan funding yang berarti pendanaan, berarti secara keseluruhan crowdfunding dapat diartikan sebagai upaya penggalangan dana yang dilakukan secara keroyokan atau ramai-ramai. Melalui crowdfunding Anda dapat membagikan ide-ide yang Anda miliki ke masyarakat luas guna memperoleh dukungan modal yang diperlukan jika memang ide tersebut ada yang menyukainya.

Salah satu contoh crowdfunding yang paling terkenal di dunia saat ini adalah website Kickstarter dari Amerika Serikat. Kickstarter secara khusus mendanai proyek-proyek kreatif hanya untuk warga Amerika Serikat saja. Sedangkan untuk skala lokal Indonesia, ada www.wujudkan.com dan www.bursaide.com.

.: Crowdfunding untuk Mencari Modal Usaha


Di website wujudkan dan bursaide, para penggagas ide saling berlomba menawarkan proposalnya dengan menjanjikan sejumlah keuntungan bagi para pemodal yang serius. Kebanyakan ide atau proyek yang dipublikasikan didominasi oleh industri kreatif, seperti film dan games. Tapi ada juga penggalangan dana yang ditujukan untuk proyek-proyek sosial dan kemanusiaan.

Tidak sedikit para pelaku industri kreatif yang sukses mendanai proyeknya dengan sistem crowdfunding. Sebut saja, game horor DreadOut karya anak bangsa sendiri. Dari total USD 25.000 yang diajukan dalam proposalnya, ternyata dana yang berhasil dikumpulkan justru melampaui target, yakni sebesar $29.067. Selain DreadOut, ada juga sineas kenamaan Mira Lesmana yang memanfaatkan penggalangan dana dengan cara serupa untuk film yang akan diproduksinya.

.: Crowdfunding untuk Keperluan Riset Pasar


Crowdfunding selain ditujukan untuk sarana pengumpulan dana, ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk keperluan riset pasar. Dengan mengetahui berapa banyak orang yang dengan senang hati mendukung sebuah ide atau proyek tertentu, maka besar kemungkinan bahwa ide atau proyek tersebut cukup prospek untuk dikembangkan lebih lanjut.

.: Peluang Investasi di Crowdfunding


Jadi, siapa bilang modal usaha harus melulu dari kantong sendiri? Atau jika Anda lebih tertarik untuk menjadi pemodal, ada banyak peluang yang dapat Anda konversikan sebagai investasi jika Anda cukup jeli membaca pasar dan berani mengambil sejumlah resiko dengan mempercayakan uang Anda kepada para pemilik ide brilian.

0 Response to "Apa itu Crowdfunding untuk Mencari Modal Usaha"

Post a Comment