Cara Kerja Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Dalam perencanaan keuangan keluarga di masa depan, asuransi sudah seharusnya memperoleh porsi yang sama pentingnya dengan kebutuhan berinvestasi. Jika investasi ditujukan untuk meningkatkan nilai kekayaan Anda di masa depan, maka asuransi adalah cara untuk melindungi aset dan kekayaan yang Anda bangun. Dengan berasuransi, Anda setidaknya telah berupaya mengalihkan sebagian resiko dari berbagai hal tak diinginkan yang mungkin menimpa diri Anda di masa mendatang.

.: Manfaat Umum Asuransi Jiwa dan Kesehatan


Apabila Anda termasuk orang yang alergi terhadap asuransi, bahkan berpendapat bahwa memiliki asuransi sama saja ada orang lain yang mengharapkan Anda celaka, buang jauh-jauh pemikiran tersebut. Fungsi asuransi sesungguhnya adalah mulia, karena selain digunakan untuk melindungi aset dan kekayaan yang susah payah Anda bangun, asuransi juga dapat diandalkan untuk menjaga keberlangsungan hidup suami/istri Anda, anak-anak Anda dan anggota keluarga lainnya tanpa harus mengalami kekurangan materi, kalau-kalau Anda meninggalkan dunia lebih dulu.

Dalam pandangan saya pribadi, ada dua macam asuransi yang paling urgen untuk dimiliki. Pertama adalah asuransi jiwa yang memberikan perlindungan terhadap kematian dan satu lagi adalah asuransi kesehatan sebagai jaminan biaya kesehatan. Kecuali jika saya salah, tidak ada satupun manusia sejak jaman nabi Adam yang tidak pernah mengalami sakit, apalagi hidup awet sampai berabad-abad lamanya.

.: Cara Kerja Asuransi Jiwa dan Kesehatan


Setelah mengetahui manfaat umum dari asuransi jiwa dan kesehatan, pertanyaan berikutnya yang harus Anda ketahui jawabannya adalah bagaimana cara kerja asuransi jiwa dan kesehatan yang Anda pilih. Loh kenapa harus repot-repot mengetahuinya? Jawabannya sederhana, karena asuransi adalah pengeluaran, bukan sebaliknya, sehingga mendapatkan perlindungan maksimal dari asuransi dengan biaya seminim mungkin adalah sebuah keharusan.

Cara kerja asuransi jiwa dan kesehatan antara yang satu dengan lainnya, secara umum dapat dikatakan sama. Setiap kali ada pengajuan polis baru, pihak asuransi akan melakukan proses penilaian apakah pemohon asuransi memenuhi syarat untuk diasuransikan. Proses ini dikenal dengan nama underwriting. Sebagai pemohon, Anda harus memberikan keterangan sejujur-jujurnya ketika diwawancarai terkait riwayat kesehatan Anda di masa lalu. Jika dianggap perlu, perusahaan asuransi melalui pihak ketiga juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan pemohon secara menyeluruh.

Setiap polis asuransi selalu mencantumkan provisi atau sejumlah ketentuan yang mengatur hak dan kewajiban antara perusahaan asuransi dengan para pemegang polisnya. Ada banyak ketentuan yang dibuat untuk melindungi perusahaan asuransi dari kemungkinan klaim yang tidak seharusnya terjadi. Jadi, jangan pernah asal-asalan ketika memberi keterangan kepada perusahaan asuransi, atau klaim yang Anda ajukan tidak akan ditanggapi. Lebih parah, Anda bisa diperkarakan ke meja hijau jika terbukti curang melakukan penipuan.

Setiap perusahaan asuransi yang beroperasi di Indonesia, baik asing maupun lokal, seharusnya sudah divalidasi secara ketat oleh lembaga regulator yang berwenang, dalam hal ini pemerintah, sehingga tidak perlu terjadi kasus "susah klaim" bahkan "gagal klaim". Jika Anda mendapatkan penawaran asuransi yang menonjolkan kemudahan klaim sebagai keunggulan, abaikan saja, karena kemudahan klaim memang sudah seharusnya menjadi standar layanan yang harus dipenuhi oleh setiap perusahaan asuransi.

.: Ketika Memilih Asuransi Jiwa / Kesehatan


Perusahaan asuransi yang baik selalu aktif memperhatikan apa saja yang menjadi kebutuhan kliennya, dalam hal ini para pemegang polisnya. Jangan hanya melayani Anda pada saat pengajuan polis saja. Tanyakan ada berapa banyak penghargaan yang telah diraih perusahaan asuransi bersangkutan dalam urusan kepuasan pelanggan atau Customer Satisfaction Award. Selain itu, pertimbangkan pula nama besar perusahaan asuransi, usia perusahaan asuransi, berikut aset total yang dimilikinya.

Terakhir, satu hal yang harus selalu Anda ingat ketika akan memilih asuransi, bahwa motivasi terbesar setiap perusahaan asuransi tentu saja mengejar untung. Jadi jangan kaget jika sewaktu-waktu Anda menemukan agen asuransi (khususnya yang masih pemula) lebih berapi-api menawarkan dagangannya daripada mendengarkan dengan seksama apa yang menjadi kebutuhan calon kliennya (pengalaman pribadi ketika diprospek ^_^ ). Tetaplah bersikap kritis dan pelajari secara detail setiap penawaran yang diberikan kepada Anda, apakah benar-benar diperlukan atau tidak. Demikian ulasan cara kerja asuransi jiwa dan kesehatan kali ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Cara Kerja Asuransi Jiwa dan Kesehatan"

Post a Comment