Cara Mempersiapkan Pensiun Dini

Mempersiapkan pensiun dini alias pensiun lebih cepat mungkin pernah terbersit di pikiran Anda setelah cukup lama bekerja kantoran. Berbagai faktor, seperti : bos yang galak, lingkungan kerja yang tidak menyenangkan, tekanan kerja yang tidak ubahnya horor, sampai gaji yang sangat jauh dari ekspektasi, mungkin adalah beberapa contoh alasan untuk pensiun dini. Selain itu, penyebab lain bisa saja muncul karena Anda ingin melakukan hal-hal yang Anda dambakan sejak dulu, seperti merintis bisnis sesuai minat, hingga memiliki waktu lebih bersama keluarga.

Lalu, apakah Anda berani mengambil keputusan untuk pensiun dini? Mengingat Anda memiliki keluarga yang harus dihidupi dan belum memiliki sumber penghasilan lain yang dapat diandalkan. Melalui persiapan yang matang, Anda akan mampu menjalani kehidupan pasca pensiun dengan lebih baik. Perlu diingat, tak jarang orang gagal dalam perubahan hidup mereka karena kurangnya persiapan.

.: Evaluasi Sebelum Pensiun Dini


Kekhawatiran tentu saja adalah hal yang lumrah, apalagi jika hal tersebut terkait dengan risiko kegagalan yang mungkin Anda hadapi. Melalui artikel ini kami akan mengajak Anda bagaimana cara menyusun rencana matang guna menyongsong kehidupan baru Anda. Tanamkan di dalam pemikiran bahwa Anda dapat melakukan ini. Penulis keuangan dan bisnis The New York Times dan majalah Your Company, Sheryl Nance-Nash, membagikan beberapa langkah menghadapi pensiun dini.

Evaluasilah gaya hidup Anda dan cara Anda menghabiskan uang selama ini. Hal ini sangat penting untuk menyusun rencana keuangan Anda menjelang pensiun. Seperti apa perubahan gaya hidup Anda kelak dan berapa jumlah dana yang harus Anda tabung sebelum pensiun merupakan hal-hal yang harus Anda perhatikan. Kurangnya pemahaman terhadap kondisi riil keuangan Anda akan berdampak pada kurang maksimalnya pencapaian tujuan Anda esok.

.: Mempersiapkan Pensiun Dini dengan Matang


Fokus pada Prioritas Finansial


Fokuskanlah diri Anda terhadap prioritas finansial utama Anda, yaitu mempersiapkan pensiun dini. Tetaplah fokus pada pensiun Anda meskipun Anda memiliki beberapa pilihan mengenai cara mengumpulkan uang. Tak perlu berkecil hati jika orang-orang seusia Anda dapat memiliki barang-barang tertentu dengan gajinya. Tetaplah berpegang pada prioritas utama Anda sekarang ini. Bekerja keraslah sekarang agar nantinya Anda dapat menikmati tujuan dan hasil Anda nantinya.

Libatkan Keluarga


Jangan bekerja sendiri untuk mewujudkan mimpi Anda ini. Ajak lah keluarga untuk terlibat dalam perubahan gaya hidup Anda. Jika mereka enggan mengikuti gaya hidup Anda, maka wacana mempersiapkan pensiun dini bisa saja berujung pada kegagalan.

Menabunglah dari Sekarang


Sisihkan sebagian gaji Anda sekarang untuk ditabung dan tekanlah pos pengeluaran yang dirasa tidak terlalu penting. Menabung sejak hari ini akan mempengaruhi keadaan finansial Anda dan keluarga. Jika Anda merasa sudah terlambat untuk menabung, tidak apa-apa. Terlambat, bagaimanapun masih lebih baik daripada tidak sama sekali.

Cermat Memilih Investasi


Menabung saja kadang tidak cukup untuk menjaga kesehatan finansial keluarga. Mulailah melirik investasi sebagai wahana menyalurkan dana berlebih Anda. Saham, obligasi dan reksadana beberapa adalah pilihan utama sebagian masyarakat Indonesia saat ini. Produk-produk investasi ini tak terlalu rumit-rumit amat untuk dipahami, sehingga layak Anda jadikan sebagai pilihan.

Berinvestasi untuk Jangka Panjang


Pilihlah investasi jangka panjang untuk mendapatkan imbal hasil yang menarik. Jangan hanya karena ingin mendapatkan uang dalam waktu relatif singkat, Anda memilih investasi yang sangat berisiko. Pengembalian uang dalam investasi jangka pendek pada umumnya memiliki risiko yang lebih tinggi daripada investasi jangka panjang.

Perhitungkan Inflasi


Jangan lupakan faktor inflasi ketika Anda telah memutuskan untuk berinvestasi jangka panjang. Peningkatan harga di beberapa sektor bisa mencapai beberapa kali lipat ketika Anda sudah memutuskan pensiun. Sehingga, jangan sampai Anda menderita kerugian oleh karena Anda tidak memperhitungkan inflasi.

Berpikir Kreatif dan Inovatif


Melakukan hal kreatif sembari terus menabung dan menanti hasil investasi adalah tindakan yang bijak. Membuka usaha sampingan untuk melunasi hutang dan menambah penghasilan merupakan aktivitas juga nasehat yang sangat disarankan. Tekunlah meski penghasilan dari usaha sampingan Anda masih belum memenuhi harapan Anda. Setiap bisnis, apa pun itu, dari kecil hingga yang besar sekalipun, selalu diawali dari hal-hal kecil, bahkan sederhana.

Mempersiapkan pensiun dini bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan bagi kebanyakan orang, namun juga bukan berarti tidak mungkin. Tetaplah fokus pada prioritas Anda untuk mencapai tujuan Anda!

0 Response to "Cara Mempersiapkan Pensiun Dini"

Post a Comment