Cara Memilih Asuransi Kendaraan

Musibah seringkali datang tak terduga, pun demikian kehadirannya yang tak pernah diharapkan. Tidak ada seorangpun yang menginginginkan musibah terjadi, misalnya saja seperti kecelakaan kendaraan. Memilih asuransi kendaraan secara bijak, akan lebih mengurangi rasa was-was Anda ketika berkendara. Nah berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk memilih asuransi kendaraan yang tepat.

Ketahui secara jelas apa saja yang Anda butuhkan saat akan mengasuransikan kendaraan. Usia kendaraan, jenis dan kegunaan kendaraan, serta intensitas penggunaan, merupakan faktor-faktor yang tidak boleh diabaikan ketika memilih asuransi kendaraan.

.: Pilih Polis yang Tepat


Di dalam asuransi kendaraan, dikenal 2 jenis jaminan yang ditanggung oleh polis, yaitu:

LO/ Total Loss Only: Polis yang hanya menjamin kehilangan kendaraan atau kerusakan di atas 75% dari nilai kendaraan. Polis ini cocok untuk kendaraan yang sudah tua dan sering digunakan.

All Risk/ Comprehensive: Polis yang menjamin semua resiko kecelakaan baik besar maupun kecil, pengeculian untuk kasus kendaraan hilang yang dibawa lari oleh sopir pribadi atau pegawai yang bekerja pada pemilik kendaraan.

.: Kunjungi Situs Perusahaan Asuransi


Pastikan bahwa perusahaan asuransi yang Anda pilih kelak menyediakan layanan yang optimal untuk Anda sebagai konsumennya. Ketersediaan layanan secara umum dan kecepatan respon perusahaan terhadap konsumen juga perlu diperhatikan, sebab hal ini akan sangat berpengaruh terhadap kualitas customer service. Berawal dari hal-hal kecil yang disediakan perusahaan, Anda akan bisa menilai seberapa peduli perusahaan tersebut pada kepuasan konsumennya.

.: Bandingkan Penawaran berbagai Perusahaan


Untuk lebih memudahkan memilih asuransi kendaraan yang tepat, buatlah daftar penawaran asuransi dari beberapa perusahaan asuransi sekaligus. Lakukan perbandingan terhadap polis yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan asuransi tersebut. Hal ini akan memberikan gambaran yang lebih jelas kepada Anda, polis mana yang lebih mampu memenuhi kriteria Anda.

.: Kunjungi Forum-Forum Online


Bila Anda masih belum merasa mantap dengan pilihan saat ini, kunjungilah forum-forum online yang membahas asuransi kendaraan. Tanyakan hal-hal apa saja yang masih mengganjal agar lebih meyakinkan keputusan Anda.

.: Survei Bengkel Rekanan


Memastikan kualitas pelayanan teknis dari perusahaan asuransi dapat dilakukan dengan cara survei bengkel rekanan dari perusahaan asuransi tersebut. Dengan melihat secara langsung proses kerja yang ada di bengkel, Anda akan memiliki pertimbangan yang lebih baik tentang perusahaan penyedia jasa asuransi mana yang sebaiknya dipilih. Selain itu, Anda juga dapat mengorek informasi seputar perusahaan asuransi melalui pegawai yang ada di bengkel, sebab mereka adalah pihak yang memiliki hubungan kerja secara langsung.

.: Pertimbangkan Customer Service


Carilah informasi apakah perusahaan asuransi yang akan Anda gunakan jasanya tersebut menyediakan layanan lain untuk menunjang customer service seperti hotline 24 jam, mobil derek dan apakah kantor cabang perusahaan itu tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Jika mereka tidak menyediakan fasilitas ini, jangan-jangan Anda sendiri yang akan kerepotan nantinya.

.: Cari Premi yang Paling Kompetitif


Selain kualitas layanan yang baik, premi yang terjangkau juga menjadi faktor yang harus dipertimbangkan. Hitunglah secara rinci setiap biaya yang perlu dikeluarkan untuk memperoleh asuransi kendaraan ini dari penghasilan Anda per bulan. Jangan sampai Anda mengalami kesulitan keuangan hanya gara-gara urusan premi. Carilah asuransi yang menawarkan polis paling menarik dengan biaya premi yang paling terjangkau.

Sebagai penutup, bijaklah dalam memilih asuransi kendaraan, lindungi kendaraan Anda dengan asuransi yang tepat sesuai kebutuhan. Selamat berkendara!

0 Response to "Cara Memilih Asuransi Kendaraan"

Post a Comment