Memilih Apartemen untuk Investasi dan Tempat Tinggal

Memilih apartemen untuk investasi dan tempat tinggal yang ideal bukan perkara yang terbilang mudah, karena terlalu banyaknya penawaran apartemen baru dari para pengembang yang pastinya menggiurkan. Maraknya apartemen baru kian dipengaruhi oleh gaya hidup masyarakat di kota-kota besar yang seringkali lebih memilih apartemen sebagai tempat tinggal ketimbang rumah hunian biasa. Selain praktis, apartemen sebagai sarana investasi juga menjadi faktor pertimbangan tersendiri.

.: Perhatikan Timing ketika Membeli Apartemen


Timing pembelian apartemen akan sangat berpengaruh terhadap jumlah biaya yang harus Anda keluarkan. Di dalam dunia bisnis properti, dikenal istilah pre-launch yang artinya masa promo ketika properti tersebut belum diluncurkan ke pasar. Umumnya harga properti yang masih berada dalam masa pre-launch lebih murah ketimbang harga pasca-launch atau bahkan ketika apartemen sudah jadi. Membeli apartemen di masa pre-launch tentu akan jauh lebih menghemat anggaran Anda.

.: Pilih Lokasi Apartemen yang Aman dan Strategis


Lokasi merupakan syarat utama dalam pemilihan properti. Keberadaannya yang dekat dengan layanan umum, seperti sekolah, pusat perbelanjaan dan fasilitas kesehatan, akan meningkatkan nilai jual apartemen kelak. Sehingga bisa dibilang, lokasi yang strategis adalah syarat mutlak yang harus terpenuhi jika Anda memilih apartemen untuk investasi ataupun tempat tinggal. Selain itu, pertimbangkan pula akses apartemen dan resiko bencana alam yang mungkin menimpa apartemen tersebut.

.: Survey Apartemen Langsung


Setelah Anda memastikan apartemen mana yang sesuai kebutuhan Anda, lakukanlah survey langsung ke apartemen tersebut. Tanyakan setiap hal yang diperlukan secara detail. Misalnya saja, tanyakan apakah apartemen itu memiliki tempat parkir yang layak, kondisi apartemen cukup terawat dan berbagai fasilitas apartemen yang memadai.

.: Ketahui Biaya Tagihan Bulanan Apartemen


Jika Anda sudah merasa cocok dengan harga yang ditawarkan oleh pengembang apartemen, jangan lupa untuk menanyakan seluruh biaya tagihan bulanannya, seperti biaya listrik, air, elektronik, biaya perawatan apartemen, berikut segala macam biaya tambahan lainnya jika ada.

.: Perhatikan Pemandangan Apartemen


View atau pemandangan merupakan salah satu faktor yang cukup diperhatikan dalam pemilihan tempat tinggal, begitu pula dalam memilih apartemen untuk investasi, Anda harus cermat memperhitungkan hal ini. Sebab, jika kelak apartemen Anda sewakan, bisa jadi tak ada peminat yang mau memilihnya karena alasan view. Menurut penelitian, melihat view yang baik di pagi hari dapat meningkatkan mood sebelum beraktivitas.

.: Pastikan Legalitas Apartemen


Terakhir dan sekaligus yang terpenting, pastikan Anda telah mengetahui secara jelas legalitas apartemen yang Anda akan beli. Untuk menghitung kepemilikan unit apartemen, dasar perhitungannya adalah Nilai Perbandingan Proporsional (NPP). NPP tersebut akan menjadi ukuran service charge dan hak suara penghuni dalam proses pengambilan keputusan. Sehingga Anda wajib memastikan NPP sudah dihitung saat membeli apartemen.

Selain NPP, periksa juga Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) apartemen sebelum melakukan perjanjian jual beli. Periksalah di kantor BPN untuk mengetahui apakah tanah tersebut sedang dalam sengketa atau sedang dijaminkan oleh pengembang di bank. Surat-surat lain yang dapat Anda tagihkan sebagai kepemilikan Anda contohnya adalah Izin Prinsip, Surat Izin Peruntukan Tanah (SIPPT) dan Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari pengembang.

0 Response to "Memilih Apartemen untuk Investasi dan Tempat Tinggal"

Post a Comment