Model Bisnis Online yang Menjanjikan

Seiring kemajuan teknologi, kehadiran internet tak dapat dipungkiri telah banyak merubah cara beraktivitas sehari-hari. Pun demikian halnya dengan cara mencari penghasilan, internet menawarkan peluang tanpa batas bagi siapapun untuk menjaring penghasilan melalui bisnis online. Mau membangun dengan konsep yang orisinil, atau mau meniru yang sudah ada, sah-sah saja. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Sama halnya seperti berbisnis konvensional, bisnis online yang menjanjikan adalah bisnis yang paling mampu menghadirkan nilai tambah bagi para pelanggannya.

.: Mengenal 4 Model Bisnis Online yang Menjanjikan Saat Ini


1. Berjualan Produk


Di model bisnis ini, Anda harus jeli melihat apa yang dibutuhkan oleh pasar, contohnya seperti berjualan perangkat elektronik atau gadget, software, ebook (buku elektronik), sampai dengan barang bekas. Anda tidak harus memiliki website atau toko online sendiri, karena Anda dapat memanfaatkan fasilitas yang marak ditawarkan oleh situs-situs mall online seperti eBay.com, KasKus, Lazada, BliBli, Tokobagus, Berniaga, BukaLapak dan lain-lain. Selain mall online, berjualan juga dapat dilakukan melalui jejaring sosial seperti Facebook, Yahoo, Path, atau Instagram.

2. Menyewakan Space Iklan


Jika Anda ingin menekuni model bisnis ini, syarat utamanya adalah Anda harus memiliki jumlah kunjungan yang banyak dan stabil ke blog atau website Anda. Beberapa model bisnis online iklan di antaranya : iklan baris, pay per click (PPC), Pay to Click (PTC), Pay to Survey (PTS), Pay to Review (PTR) dan Affiliate Marketing. Penyewaan space iklan dianggap sebagai model bisnis online yang menjanjikan di kalangan blogger.

Pay per Click (PPC) dan Pay to Click (PTC)
Pendapatan Anda akan diukur dari seberapa banyak jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung blog atau website Anda.

Pay to Survey (PTS) dan Pay to Review (PTR)
Pendapatan diperoleh dari pengunjung yang bersedia memberikan waktunya untuk mengisi survey maupun review di blog atau website Anda.

3. Affiliate Marketing


Pendapatan diperoleh dari pengunjung yang membeli produk tertentu yang diiklankan di blog atau website Anda. Semakin banyak pengunjung di blog atau website Anda, maka akan semakin besar pula kemungkinan Anda untuk membukukan angka penjualan.

4. Upload dan Download


Inti dari model bisnis ini adalah menawarkan fasilitas upload dan download data, termasuk fitur penyimpanan data gratis. Contoh umum yang mudah dijumpai di antaranya mediafire.com, uptobox.com, rapidshare.com dan lain-lain. Jika user atau pelanggan Anda merasa kurang dengan kuota fasilitas gratis yang ditawarkan, maka user harus melakukan upgrade ke kuota yang lebih besar dengan membayar biaya sewa berlangganan.

Dibandingkan berjualan produk dan iklan, model bisnis online berupa file sharing atau download upload ini memiliki resiko yang lebih besar, karena erat kaitannya dengan pembajakan, sehingga banyak pula blog atau website yang diblokir oleh ISP (Internet Service Provider) dan pemerintah tanpa adanya peringatan terlebih dahulu. Alih-alih memiliki bisnis online yang menjanjikan, Anda justru buntung dibuatnya jika tidak hati-hati.

.: Yang Harus Diperhatikan Ketika Berbisnis Online


Sama halnya dengan bisnis konvensional, berbisnis secara online juga mensyaratkan dedikasi yang tinggi. Dibutuhkan ketekunan dan kesabaran dalam mengelolanya. Selain itu, Anda pun harus mampu mendengarkan, menampung keinginan dan menjaga hubungan baik dengan setiap pelanggan. Jangan lupakan juga untuk selalu aktif berpromosi, baik melalui media sosial internet, media cetak, sampai dengan media televisi. Terakhir, pastikan bisnis online Anda tidak melanggar hukum. Hal ini akan menjaga kelangsungan dan kenyamanan Anda dalam mengelola bisnis Anda.

0 Response to "Model Bisnis Online yang Menjanjikan"

Post a Comment