Kelebihan Kekurangan Gadai Emas KRASIDA

Apakah saat ini usaha yang Anda jalankan sedang paceklik karena terkendala masalah dana? Memanfaatkan jasa gadai emas untuk modal usaha dapat menjadi alternatif yang dapat Anda lirik, terutama karena bunga pinjamannya yang relatif ringan. Program gadai emas memberikan harapan bagi para penggadai-nya untuk memperoleh keuntungan yang lebih tinggi daripada kewajiban bunganya.

Rata-rata pegadaian hanya mematok bunga sekitar 1,5% per 15 hari. Tapi bagaimanapun, pinjaman tetaplah pinjaman, alias tidak ada makan siang gratis. Pastikan bahwa gadai emas untuk modal usaha harus benar-benar dialokasikan untuk tujuan produktif, bukan konsumtif, apalagi spekulasi asal-asalan.

Jika dibandingkan dengan menggesek kartu kredit atau KTA (Kredit Tanpa Agunan), gadai emas terbilang lebih menarik. Sebab untuk menarik dana dari kartu kredit, Anda sudah harus dapat memastikan terlebih dahulu bahwa pinjaman sanggup dilunasi ketika jatuh tempo tiba. Bila tidak, maka bunga yang diterima akan semakin membengkak. Perputaran uang di kartu kredit sangat singkat, hanya satu bulan, sementara beban bunganya tinggi.

.: Kelebihan Gadai Emas KRASIDA


(+) Bunga Pinjaman Lebih Ringan

Untuk membantu para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam menjalankan roda usahanya, pegadaian memiliki penawaran khusus yang disebut KRASIDA (Kredit Angsuran dengan Sisem Gadai). Tingkat bunga yang dipatok lebih rendah dibandingkan gadai konvensional merupakan keunggulan utama program ini. Bunga yang ditawarkan bahkan hanya 1% per bulan atau sekitar sepertiga lebih murah dari gadai konvensional.

(+) Jangka Waktu Pinjaman Lebih Panjang

Selain tingkat bunga yang rendah, jangka waktu pinjaman KRASIDA juga lebih panjang. Skema yang ditawarkan KRASIDA sangat memudahkan para pelaku usaha yang membutuhkan dana cepat untuk pengelolaan usaha jangka panjang. Tenor pinjaman yang ditawarkan mulai dari 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan sampai dengan 36 bulan. Sebagai perbandingan, pada program gadai emas biasa di luar program KRASIDA memberlakukan tenor pinjaman dengan siklus per 15 hari yang dapat diperpanjang maksimal 120 hari atau empat bulan saja.

(+) Prosedur Pencairan Dana Pinjaman Tidak Ribet

Prosedur pencairan dana dalam sistem KRASIDA tidak ribet. Setelah semua dokumen persyaratan dipenuhi, khususnya surat keterangan kepemilikan usaha dari kelurahan setempat, tidak sampai tiga jam, dana pinjaman dari pegadaian sudah diterima di tangan. Catatan, usaha yang diajukan dalam dokumen sudah harus berjalan paling sebentar satu tahun. Lebih mudah bukan?

.: Langkah-Langkah Mengajukan Gadai Emas KRASIDA

  • Bawa Emas bersertifikat logam mulia ke Pegadaian.
  • Lengkapi semua dokumen yang dibutuhkan, termasuk surat keterangan kepemilikan usaha yang sudah beroperasi minimal setahun.
  • Pegadaian akan mentaksir harga emas sesuai harga emas terkini PT Aneka Tambang TBk (Antam).
  • Pinjaman KRASIDA berkisar antara 90% s/d maksimal 95% dari taksiran HDE (Harga Dasar Emas) yang dijaminkan.
  • Biaya Administrasi 1% dan dua lembar materai Rp. 6 ribu untuk perjanjian kredit, dipotong dari uang pinjaman yang diterima.
  • Pilih jangka waktu pinjaman, mulai dari 12 bulan sampai 36 bulan.
  • Pinjaman minimal KRASIDA adalah Rp 20 juta dan maksimal Rp 250 juta.
  • Pokok dan bunga pinjaman diangsur setiap bulan, bukan di akhir periode pinjaman.

.: Kekurangan Gadai Emas KRASIDA


(-) Penalti untuk Pelunasan Pinjaman Lebih Awal

Di luar semua kelebihan yang ditawarkan, KRASIDA juga tidak luput dari kekurangan. Salah satu kekurangan KRASIDA adalah pegadaian akan memberi sanksi berupa biaya penalti yang cukup besar jika pelunasan dilakukan lebih dini dari tenor yang disepakati. Besarnya penalti pegadaian bervariasi, maksimal 5% dari sisa pokok pinjaman.

(-) Denda Berlipat Keterlambatan Pembayaran Angsuran

Selain penalti, hal lainnya yang harus diperhatikan adalah jadwal pembayaran cicilan. Setiap keterlambatan 7 hari, Anda akan dikenakan sanksi lainnya berupa denda yang berjumlah 2% dari jumlah angsuran bulanan. Pengenaan denda ini juga akan berlipat ganda sesuai keterlambatan Anda. Jadi jika Anda terlambat membayar selama 14 hari, maka Anda akan dikenai denda sebesar 4% dan seterusnya. Jika Anda masih belum sanggup membayar cicilan maksimal 30 hari, maka bersiaplah mengikhlaskan emas yang Anda jaminkan untuk dilelang oleh pihak pegadaian.

.: Contoh Perhitungan Gadai


50 gram emas ditaksir memiliki HDE (Harga Dasar Emas) senilai Rp 475 ribu / gram nya. Katakanlah pinjaman yang ditentukan oleh pihak pegadaian adalah 93% dari taksiran HDE, maka pinjaman yang disetujui adalah sebesar Rp. 22.087.500. Masih ada biaya administrasi 1% sejumlah Rp. 220.875 dan 2 lembar materai Rp. 6 ribu. Jadi nilai bersih untuk pinjaman yang diterima adalah sebesar : Rp. 22.087.500 - Rp. 220.875 - Rp. 12.000 = Rp. 21.854.625.

0 Response to "Kelebihan Kekurangan Gadai Emas KRASIDA"

Post a Comment