Keuntungan Kerugian Deposito

Salah satu keuntungan deposito adalah suku bunga yang lebih tinggi daripada suku bunga yang ditawarkan oleh rekening tabungan biasa. Selain itu, minimnya resiko kehilangan uang juga menjadi alasan tersendiri mengapa instrumen investasi ini kerap menjadi primadona bagi kebanyakan orang.

Tidak berbeda dengan instrumen investasi pada umumnya, deposito pun juga tidak luput dari kekurangan. Lalu apa saja sebenarnya yang menjadi keuntungan dan kerugian deposito?

.: Keuntungan Deposito


(+) Suku bunga lebih tinggi dibandingkan rekening tabungan biasa. Pemilik deposito dapat mengharapkan imbal hasil (return) yang lebih baik jika dibandingkan menyimpan uangnya di dalam rekening tabungan.

(+) Meskipun tidak memiliki fleksibilitas dalam hal akses atau penggunaan uang, namun beberapa bank di Indonesia telah memberi kemudahan agar bunga deposito dapat disimpan atau di-transfer ke rekening yang diinginkan. Jadi, pemilik deposito masih dapat menerima pendapatan rutin dalam bentuk pembayaran bunga pada interval waktu tertentu, bulan, per-empat bulan, per-enam bulan atau per-tahun.

(+) Deposito adalah instrumen investasi yang (relatif) paling aman, jika dibandingkan dengan menempatkan uang di pasar saham, valuta asing, properti atau instrumen investasi lain yang mengandung resiko tinggi. Hal ini dikarenakan pengetahuan analisis yang rumit tidak diperlukan, seperti (misalnya) jika melakukan perdagangan valuta asing (forex) yang terkenal fluktuatif (harga dapat naik atau terjun bebas dalam waktu singkat, hitungan jam, menit, bahkan detik).

(+) Selain aman dari resiko fluktuasi pasar, deposito di Indonesia juga dilindungi oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), dengan catatan, bank bersangkutan tercatat sebagai anggotanya. Pemilik deposito tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu bank penerbit kolaps atau mengalami kebangkrutan. LPS menjamin dana setiap nasabah hingga Rp 2 miliar dengan suku bunga maksimal 7,5% di setiap bank.

.: Kerugian Deposito


(-) Meskipun deposito adalah instrumen investasi yang (relatif) paling aman, namun imbal hasil (return) yang sanggup diberikan juga terbilang paling rendah di antara semua instrumen investasi lainnya.

(-) Pendapatan dari bunga deposito akan menjadi tidak berarti jika dihadapkan pada kenaikan laju inflasi (kenaikan harga-harga secara umum di pasar). Sebagai catatan, tingkat inflasi pada bulan Maret 2013 di Indonesia telah menembus angka 5,9%. Padahal rata-rata suku bunga deposito yang umum saat ini (juli 2013) hanya berkisar antara 3,5% hingga 5,5%. Hal ini masih belum memperhitungkan potongan pajak sebesar 20% bunga bagi deposito di atas Rp 7,5 juta.

(-) Tidak ada upaya apapun yang dapat dilakukan untuk meningkatkan nilai investasi, dikarenakan tidak adanya kesempatan bagi pemilik deposito untuk terlibat secara langsung dalam pengelolaannya.

.: Keuntungan Deposito Vs Kerugian Deposito


Dari pemaparan keuntungan dan kerugian deposito di atas, sebenarnya dapat ditarik satu kesimpulan bahwa deposito bukanlah sebuah instrumen investasi yang mampu memberi imbal hasil (return) menarik, terlebih jika harus dihadapkan pada laju inflasi yang cenderung setia mendaki dari waktu ke waktu.

Meskipun hasil yang diperoleh tidak seberapa, namun deposito sangat cocok bagi mereka yang sangat sensitif terhadap resiko. Setidaknya, para pemilik deposito tidak harus dipusingkan dengan ancaman fluktuasi pasar yang siap menggerus simpanan pokok. Selain itu, dengan terkuncinya simpanan uang, sedikit banyak akan membantu menahan nafsu belanja akibat pengeluaran-pengeluaran yang cenderung tidak penting alias boros.

0 Response to "Keuntungan Kerugian Deposito"

Post a Comment